Langsung ke konten utama

Bank Danamon-Pengalaman Masuk Tes Kerja di Bank

Hai guysss.... aku mau cerita tentang pengalaman aku waktu ikut tes di Bank Danamon (Bandung).
Sebelumnya aku dapet info lowongan kerja di Bank Danamon waktu aku ikut Job Fair di Sabuga ITB yang ngadain Media Kreasi Production. Jadi, waktu itu tuh aku ngelamar kerja di beberapa Bank. Tapi banyak banget Bank lain yang cuma buka jadi frontliner, pas banget aku liat di stand nya Bank Danamon kebetulan buka beberapa lowongan; 

1. Sales Service Officer (SSO) __kalo gasalah namanya itu wkwkw
Posisi ini menerima karyawan untuk jadi Teller sama Customer Service dan semua dibuka untuk S1 all jurusan. Pada posisi ini karyawan dituntut untuk melakukan penjualan di dalam Kantor Cabang, bertanggung jawab untuk memastikan kelengkapan dokumen aplikasi yang berhubungan dengan proses administrasi. Lama kontrak untuk posisi ini sekitar 3-6 bulan.

2. Personal Banking Officer (PBO)
Personal Banking Officer ini memiliki fokus pekerjaan untuk masalah-masalah pendanaan yang tidak secara langsung. Jadi fokus kerjanya lebih ke mencari customer di luar kantor jadi harus lebih proaktif gitu. Pada posisi ini bakal ada masa percobaan selama 3 bulan. 

3. Customer relationship Officer (CRO)
Melaksanakan kegiatan pemasaran untuk produk simpanan dan jasa Bank kepada calon nasabah baru. Mengelola nasabah existing sesuai ketentuan yang berlaku. Posisi ini dibuka untuk semua jurusan juga.

4. SNDDP MT
Berbeda dengan posisi ini jadi kita bakalan di training dulu selama 6 bulan di Kampusnya Bank Danamon di Ciawi katanya sih nanti diarahin sesuai skill kita lebih ke CRO atau PBO.
Adapun beberapa tahapan yang harus kita lewati adalah sebagai berikut;

1. Tahap Seleksi Administrasi
Lanjuttttttt...... Setelah 2 minggu aku mendaftar di Job Fair, kemudian ada panggilan untuk psikotes di Bank Danamon Jl. Merdeka Bandung. Disana kita disuruh ke aula Lantai 4. 

2. Tahap Psikotest
Saat psikotes, kita dikasih 8 Subtest yang terdiri dari Tes Kreplin, Tes Mencocokan Gambar (Analogi), Lawan Kata (Analogi), Tes Kepribadian, banyaknya sih tes gambar kalo gasalah ada 3 subtest tentang gambar doang tapi gasusah sih asal kita belajar dulu hehehe, terus ada Tes Hitung Deret ini soalnya sekitar 30an soal. Yang enaknya tes di Bank Danamon, sebelum mulai psikotes kita dikasih contoh soal untuk setiap test jadi kaya dikasih bocoran gitu. Yang jaga psikotesnya baik banget juga dan jangan lupa pas test kita harus bawa kertas buram sendiri  "itu agak aneh sih menurutku".

3. Tahap Wawancara dengan HRD
Setelah psikotes selesai mulai jam 9-11 kita dikasih informasi hasil tes akan keluar jam 14.00 jadi kita harus nunggu. Dan setelah itu hasil tes keluar tepatnya di lantai ground (Mading di lapangan parkir) dan Puji Tuhan namaku lolos Ayeeeeeyyyyyy. Setelah itu dari Pengumuman tersebut kita dikasih tau jadwal interview dan aku dapet jadwal besoknya banget.
Singkat cerita, besoknya aku kembali dateng ke bank Danamon dengan pakaian rapi jas, baju putih, rok hitam dan high heels (ga tinggi banget kok hehe) katanya sih kalo mau wawancara harus pake pakaian yang rapih untuk memberi kesan yang bagus dan elegan kepada pihak HRD. Namaku dipanggil pertama karna aku dateng duluan haha. Pihak HRDnya 1 orang dan baik banget cuma nanya beberapa pertanyaan kaya;
1. Ceritakan tentang diri kamu
2. Latar belakang keluarga
3. minatnya apa
4. gaji yang kita mau
5. definisi target menurut kita dan kasih contoh
6. organisasi semasa sekolah
7. dapet uang jajan darimana
8. punya kendaraan dan sim
9. kita disuruh nanya pertanyaan gt kemaren aku nanya terkait jenjang karir sih

Kurang lebih gitu sih pertanyaannya dan have fun banget. Gak deg-degan sama sekali sih selama wawancara. Jadi sebelumnya lupa wkkw aku ngelamar jadi CRO tapi ibunya nawarin aku untuk ambil SNDDP MT karena belum punya pengalaman dan bisa diarahin untuk jadi marketing funding dan lending jadi bakal training selama 6 bulan di Kampus Danamon Ciawi atau Menara Bank Danamon di Kuningan. Setelah selesai aku disuruh pulang untuk nunggu pengumuman lagi untuk lanjut tes  dengan jangka waktu 1 minggu - 2 bulan.

4. Tahap wawancara user

5. Perjanjian Kerja

2 tahap diatas sih belum aku jalanin mungkin di cerita selanjutnya yah karena aku juga masih nunggu hasil waktu interview sampe skrg kira-kira udah ada 1 minggu tapi belum dikabarin lagi semoga dikabarin lagi deh yah biar ada sharing tambahan terkait dengan pengalaman tes kerja di Bank Danamon. Bye:))))








Komentar

  1. Kaaa... Gimana hasilnya ? Apakah lanjut atau engga ?

    BalasHapus
  2. Masih menunggu nih klanjutan critanya...pnasaran bgt

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Makeup yang Wajib Dimiliki oleh Pemula

Makeup yang simple tidaklah sulit diaplikasikan ke wajah mulai dari mengaplikasikan eyebrow, mascara dan makeup lainnya, khususnya bagi para pemula. Bagi anda yang masih dalam tahap pemula dalam mengaplikasikan makeup di wajah jangan khawatir. Berikut adalah makeup yang dibutuhkan oleh pemula. 1. Foundation  Foundation yang diaplikasikan ke wajah dapat membuat warna wajah lebih rata. Pilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit wajah anda dah pilih tekstur yang ringan dan nyaman untuk membuat kesan natural pada wajah. 2. Bedak Bedak diaplikasikan  setelah mengaplikasikan foundation. Setelah warna kulit merata, beda dapat berfungsi untuk mengontrol minyak kulit agar wajah tidak terlihat terlalu mengilap di tengah hari. Bedak tabur dan padat dapat disesuaikan sesuai dengan kemauan dan kecocokan pada kulit wajah. 3. Blush Setelah mengaplikasikan bedak pada wajah, blush dapat memberi rona pipi tipis-tipis untuk menambah warna pada wajah serta tidak membuat wajah pucat.